jump to navigation

PROFIL

SEKILAS TENTANG SMA 2 KENDAL 

             sma2.jpg SMA 2 Kendal berdiri pada tahun pelajaran 1996/1997. Keberadaan SMA 2 Kendal ini untuk mengantisipasi keadaan yang pada saat itu masyarakat Kota Kendal dan sekitarnya sangat membutuhkan tempat belajar, mengingat daya tampung sekolah yang ada tidak mencukupi untuk lulusan SLTP yang cukup banyak. Apalagi di Kecamatan Kota Kendal sendiri belum ada SMA Negeri yang menjadi dambaan masyarakat.

              Seperti lazimnya, keberadaan sekolah baru tentu belum didukung adanya sarana prasarana. Untuk itu SMA 2 Kendal saat memulai membuka pendaftaran sampai melaksanakan proses belajar mengajar berada di SMA Negeri Kendal (sekarang SMA 1 Kendal). SDM yang mengelola sebagian besar juga merupakan para guru dan karyawan SMA Kendal. Kepala sekolah dijabat oleh Bapak Mahjudi, BA yang juga Kepala SMA Kendal.

              Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 107 / O / 1997, tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1995/1996, SMA 2 Kendal merupakan salah satu sekolah yang mendapat SK Penegerian, bersama dengan 2.553 SMU lain di seluruh Indonesia, dengan nama SMU Negeri 2 Kendal, dan berlokasi di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Kendal. Kepala Sekolahpun beralih dari Bapak Mahyudi, BA ke Bapak Drs. Djoko Parmono.

              Lokasi sekolah yang berada di tengah-tengah sawah dan akses jalan yang belum memadai, merupakan kendala tersendiri bagi SMU 2 Kendal saat itu, terutama pada musim penghujan. Banjir dan jalan becek menjadi konsumsi para siswa dan guru untuk menuju lokasi sekolah. Belum lagi rumput liar yang tumbuh di halaman dan bagian belakang sekolah memerlukan perhatian bagi semua komponen sekolah.

              Seiring perjalanan waktu, SMU 2 Kendal mulai berbenah. Minat orang tua lulusan SLTP semakin banyak yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke SMU 2 Kendal. Walaupun sekolah ini merupakan sekolah alternatif, setelah gagal diterima di SMU 1 Kendal. Namun tekad dan semangat Kepala Sekolah beserta seluruh dewan guru menjadikan sekolah alternatif inipun semakin menunjukkan eksistensinya.

              Pada tahun 2001 kepemimpinan sekolah berganti lagi dari Drs. Djoko Parmono ke Drs. Iskandar. Tahun demi tahun pengembangan dibidang fisik sekolah terus dilaksanakan, sambil berbenah untuk tidak melupakan keberhasilan bidang akademik. Penghijauan mulai digalakkan. Pembuatan taman depan kelas, pavingisasi halaman untuk mengendalikan tumbuhnya rumput liar, serta pembangunan ruang kelas baru, tempat parkir tambahan, lab. Komputer, rehabilitasi musholla dan keramikisasi ruang kelas berjalan relatif lancar, tak lepas juga berkat dukungan Komite Sekolah.

              Keberhasilan bidang akademik juga relatif membanggakan semua kalangan. Ini terbukti dengan banyaknya lulusan SMU 2 Kendal yang mulai mengisi Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. Di kegiatan Ekstrakurikuler, banyak prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi SMU 2 Kendal, baik di event-event tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional. Pramuka SMU 2 Kendal cukup disegani oleh semua kalangan. Berbagai kegiatan lomba yang diikuti selalu mendapatkan prestasi membanggakan. Teater Genta SMA 2 Kendal yang baru seumur jagung, juga mampu menjuarai festifal di tingkat Provinsi, maupun Nasional. Ini semua tentunya menjadi kebanggaan sekaligus sebagai tantangan untuk meraih prestasi yang lebih, sesuai visi sekolah : Mengembangkan Jati Diri, Meraih Prestasi Tertinggi.

              Bukan hanya siswa saja yang berprestasi, guru-guru SMA 2 Kendal yang relatif masih muda-muda juga mampu menunjukkan prestasinya. Pada tahun 2003 seorang guru SMA 2 Kendal terpilih sebagai Juara I Lomba Guru Teladan Tingkat Kabupaten Kendal. Kemudian pada tahun 2006 ini seorang lagi terpilih menjadi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah walau belum berhasil di Tingkat Nasional.

              Pada tahun 2005/ 2006 SMA 2 Kendal dinilai oleh Tim Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi Jawa Tengah, dan mendapat predikat Amat Memuaskan (Nilai A). Semakin lengkap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh SMA 2 Kendal, terlepas dari berbagai kekurangan yang masih tetap ada, misalnya lokasi yang sempit agak sulit untuk mengembangkan bangunan fisik, akses dari jalan raya yang agak jauh menyebabkan sering terjadinya keterlambatan siswa, dan kendala-kendala yang bersifat ekses dari krisis ekonomi yang membuat sulitnya menggali dana dari orang tua siswa. Namun semua itu disikapi arif dan bijaksana oleh fihak sekolah, dengan banyaknya siswa yang diusulkan untuk mendapat bantuan bea siswa dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

                Kini SMA 2 Kendal mewakili Kabupaten Kendal dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala Tingkat Karesidenan Semarang. Merupakan tantangan baru bagi SMA 2 untuk mampu berprestasi ditingkat yang lebih tinggi.

Komentar»

1. farhan - Oktober 29, 2007

sebuah kebanggaan bagi kami para alumni yang mengetahui sma tercinta sudah memiliki blog sendiri. namun kedepannya kami harap untuk presyasi sekolah dari ekstra dapat ditayangkn. salam untuk semua guru,karyawan,siswa yang kami sayangi. maju terus sma 2 kendal. jadikan sma ini sebagai sekolah favorit nomor wahid di kab. kendal.

2. DWI WIBOWO - Oktober 30, 2007

Tingkatkan Semua yang ada di SMA 2 Kendal, jangan kalah dengan yang lain.Jadilah SMA yang terbaik, kalau bisa terbaik setanah air….Banzaiii..go…Go..GO

3. hayu - Desember 16, 2007

sma 2 tambah keren nih… bangga deh jadi alumninya.hehehe…
semuanya di tambah2in aja deh..(disiplinnya,smartnya,fasilitas scholnya,n yang baik2) semoga aja nggak tambah jelek2nya,amin.
Maju terus SMANDAku… ;-)we lop u lah pokoke..Salam buat semua di smanda..

4. enduanol - Februari 23, 2008

Setiap alumni memang harus bangga dengan kemajuan almamaternya. Jangan ngiri dan membandingkan pada saat kalian belajar dulu. Apa kalian senang kalau smanda statis? tentu tidak, kan? nah beritakan kegembiraan kalian kepada semua alumni SMANDA Kendal!

5. wulan wahyu - Maret 7, 2008

Duh saya bangga sekali dengan SMA N 2 Kendal. Gimana ngk bangga, aq kan alumni SMA 2 Kendal. KL ngk bangga isa kualat.GO…GO…GO….Gegap gempita derap melangkah Smu N 2 Kendal, bersatu padu, dll…..

6. Farhan - April 2, 2008

SMANDA berkibar lagi. ayo rame-rame kunjung akucintasekolah.com trus cari SMAN 2 Kendal. nah disini lue-lue pade tlg tambahin data yang belum ada. cpeten ya!

7. Ahsani Taqwim - Juni 4, 2008

Salut dah buat SMA 2 Kendal

8. kotok's - Agustus 12, 2008

alumni2000/2001

9. windi kasiyanto - Agustus 27, 2008

dalam segi pendidikan sekolah itu penting. SMA N 2KENDAL salah satu sekolah yang mempuyai mutu tinggi dalam memberikan ilmu kepada siswanya. saya salah satunya, turut bangga telah sekolah di SMA N 2 KENDAL. di sini saya dapat pengalaman yang tak dapat saya lupakan seumur hidup saya, dapat banyak teman yang beraneka ragam. susah senang di jalani bersama. buat semua guru, terima kasih atas jasanya selama ini kepada saya dan teman-teman saya. buat teman-teman terus berjuang dalam kehidupan ini. buat seseorang(nama dirahasiakan) dalam hidup ini tiada yang sempurna, jadi maafin aku ya. pokoknya jaya SMA N2 KENDAL dan teruslah berkembang demi mutu pendidikan.

10. Purwo - Januari 19, 2009

Klo ingat wktu sering nginep d skolah dlu, rasanya kngen jg ma almamater tercinta. Palagi sa5 bpk/ibu guruny yg gokil2 tp jg penuh dngn kasih sayang, tmn2 sing suolid n kuompaq, so tak lp Bpk Kepsek yg plg arif n bjksana. POKOKE Smanda mboiszzz….

11. putria - Februari 12, 2009

smanda is the best deh pokoknya. sebisa mngkin manfaatkan apa yg bisa kam dapet, n trusss tingkatin prestasi.

12. Unnamed - Februari 15, 2009

I want this school can go to international . . .

Okey . . .

Good luck my eks school . . .

13. dwi kurniawati - Februari 25, 2009

emmmm ne aq dwi aq pengen banget school di semanda aq lg kelas 3 smp 3 ptbn,,,,,,ya moga aja aq dapat keterima disi tu aminnnnn……….
semanda best is the best deh

14. accan - Februari 28, 2009

Salam……….. :D
dari
Anak
SMA N 1 Cepiring….. :P

15. Putri Narita - Maret 3, 2009

nginget-nginget jaman masih sekolah ni, pertama masuk SMANDA, gersang bWanget bagai di padang sahara. tapi, tiga tahun eksis ngunduh ilmu di tempat yang ternyata bisa dibilang oasenya jetis ini, aku ngrasa tempat ini telah menyuguhkan banyak sensasi yang tak pernah bisa dilupakan.
Prestasi-prestasi yang makin bergelimpangan buat aku bangga jadi alumni SMANDA. tambah lagi sekarang SMANDA punya blog sendiri. btw ni, tampilkan juga berbagai kegiatan siswa, guru sekaligus prestasi-prestasinya donx…biar tambah menarik…!
buat SMANDA, terus eksis, makin bonafit, n…the best for u.
Maju terus ya!
Salam hormat dan terima kasih kepada bapak kepala sekolah, bapak ibu guru dan karyawan SMANDA yang semuanya sangat berpengaruh dalam proses pendidikanku.
kepada teman-teman semua, kangen ni….!
WISMILUCK for US!

16. MAULANA MALIK IBRAHIM - Maret 5, 2009

buat sMA 2 kendal maju terus za………………dan jadikan lah SMANDA sebagai sekolah terfaforit………………………….semangat buat SMANDA…..GO..GO..GO..GO

17. rembon - Maret 5, 2009

alhamdullilah ada BLOG juga SMU 2 kendal
semoga ilmu yang aku dapat dr sini bisa berguna juga
ibu ku tercinta ibu TRI (indonesian languange teacher) dan mami endang ( economi teacher) i love and miss u so much
mohon info jika ada reuni akabarnya yagh

rembon (alumni SMANDA 2000-2003)

18. nia - Maret 20, 2009

wat semanda tetep jadi school yang terbaik ya

pokok’a semanda best is the best

19. Arief - Maret 22, 2009

hohoi tengah sawah kok bangga….

20. SMP Negeri 1 Banyuputih - April 1, 2009

Kami SMP Negeri 1 Banyuputih yang semula bernama SMP Negeri 4 Limpung Kab. Batang yang Pembukaan dan Penegeriannya bersamaan dengan SMA Negeri 2 Kendal berdasarkan KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 107/O/1997, namun kami kehilangan tertanggalnya.
Berkenaan dengan hal itu guna menentukan Hari Jadi sekolah kami, kami mohon bantuan agar dikirim TERTANGGALNYA surat keputusan tersebut ke EMAIL kami.
Atas segala bantuannya, kami sampaikan terima kasih.

Kepala SMP 1 Banyuputih
Bambang Purwantyono, S.Pd

21. PrAdIKa - April 5, 2009

cayo tyuz wat smanda my luph forever
let’s go run to be one

luphhh u smanda

22. PrAdIKa - April 5, 2009

wat para alumni yang dluw aktif or gug, ,low di smanda da acra pd dateng dunk, ,biar kita2 cbge adik tauw kalian mua

23. PrAdIKa - April 5, 2009

wat para osis smanda jgn males2an , ,cmangat berjuang wat smanda kita tercinta

CAYOOOOO!!!

24. Pb.khoro - April 11, 2009

Buset……..gile bener ni sma 2 kendal sekarang tambah keren aja.enggak nyesel gw dulu sekolah disitu.salam buat mami y walaupun gw dl gak pernah diajar ama mami.buat bu yuni ama bu tri tolong dong tingkatin budaya sastra nya ye…..biar rnggak kalah ama yang lain.buat nak2 ipa and ips angkatan 2006 kapan ada reuninya?????????? ditunggu yahhhhhhhhhhhh

25. NabiLa ZuLfa - April 16, 2009

SmAnda squL yg hebat z ? ? ? kRen Luw . . . jdi penendh squL dsaNA . . . InsyaALLah thn bsux AQwu nYusuL

26. rere - Mei 23, 2009

smanda………..
i lope u….

caioo smanda…….

buat anak anak angkatan 2007…where are you?
ayoayoayo grudak gruduk meneh………….

buat bu heni..happy b”day……

semoga jadi ngundang SID nyak……

27. kak lutfi - Mei 28, 2009

Buat teman-teman alumni SMA 2 Kendal, gimana kalo kita ngadain Reuni akbar dari angkatan pertama sampai angkatan terakhir kemarin (1999 – 2008)… ??? ada respon tolong kirim ke kaklutfi@gmail.com, ditunggu ya !!…

28. dwi s rini - Mei 31, 2009

seneng banget dah banyak kemajuan di smanda, dulu smunda panggilannya. pas jamannya saya, angkatan ’99, mushola blm dikeramik, gak da rohis, klo banjir, bagaikan sekolah di tengah samudra. gmn kabarnya pak andar, bu suratini, bu kami, pak ADB,masih ngajar..?lagunya dulu GEGAP GEMPITA..DERAP MELANGKAH..SMU NEGEI DUA KENDAL …dst…

29. Joko Riyanto 2002 - Juni 2, 2009

Pak masak cuma blog
khan sekarang bikin web dinamis sudah banyak & gratis
mo tak bantu???
he he he aku siap untuk sekolahku tercinta
salam buat pak Andar & temen2 2002
Oya jangan lupa join di Klub Alumni SMA 2 KENDAL ya cari aja di Facebook. kami tungggu
Sukses SMA 2 KENDAL

30. HERY - Juni 13, 2009

Asskum………

SMAN 2 KENDAL ……………. Kangen……….

Salamat ya Atas Prestasi yang telah diraih but Tetep maju disegala bidang jo cuma prestasi akademik ja, Jatidiri Siswa juga perlu dikembang kan melalui Ekskul2 yang ada.

Akademik dan Ekskul berjalan beriringan menbentuk insan yang kokoh untuk bangsa.

Wat Bu Yuni denger2 jah MASTER ya??? Slamat ya Bu….Maaf bu baru tahu.

31. ARA - Juni 26, 2009

waT Nak sManDa JngN MpE KLaH MA SmA LaINE . . . . . . .
KwKwKwKwK “““~~~~JnOng DcRi mA pceK “““`~~~~~~~~~

32. RUDIANI SAFITRI - Juni 30, 2009

ne aku vitri aku pengen bgd skulah di smanda……………
SMANDA IAM CAMINGGGGGGGGGGGGGG


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: